Close Menu
relung.idrelung.id
  • Relung Community
  • Indeks
  • Regional
  • Hukum
  • Politik
  • Bola
  • Bisnis
  • Techno
  • Otomotif
  • Video
  • Liputan Khusus
  • Even
  • Advertorial
  • Karir

Subscribe to Updates

Get the latest creative news from FooBar about art, design and business.

What's Hot

Karhutla Sudah Bikin Malu Bangsa, Asap Indonesia Ganggu Negara Tetangga 

10/10/2026

UIN Raden Fatah Palembang Resmi Buka Prodi Kedokteran, Jadwal Penerimaan Mahasiswa Belum Diumumkan

10/10/2026

Diduga Jadi Sarang Narkoba, Dua Perkampungan di Palembang Digerebek Polisi

10/10/2026
Facebook X (Twitter) Instagram YouTube TikTok
relung.idrelung.id Sunday, 11 October 2026
Facebook X (Twitter) Instagram YouTube TikTok
Login
  • Indeks
  • Regional
  • Politik
  • Hukum
  • Liputan Khusus
  • Bisnis
  • Lifestyle
  • Bola
  • Techno
  • Otomotif
  • Advertorial
  • Video
relung.idrelung.id
Home»Indeks»33 Provinsi di Indonesia Telah Tetapkan UMP Tahun 2023, Berikut Daftar dan Besarannya
Indeks

33 Provinsi di Indonesia Telah Tetapkan UMP Tahun 2023, Berikut Daftar dan Besarannya

alwiBy alwi29/11/2022
Share Facebook Twitter Pinterest LinkedIn Tumblr Reddit Telegram Email
Share
Facebook Twitter LinkedIn Pinterest Email

Sebanyak 33 provinsi di Indonesia telah menetapkan Upah Minimum Provinsi (UMP) tahun 2023. Hal ini sesuai dengan Permenaker Nomor 18 Tahun 2022 tentang Upah Minimum 2023.

Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah mengatakan Permenaker Nomor 18 tahun 2022 ini merupakan jalan tengah baik bagi pekerja atau buruh maupun pengusaha. Karena selain daya beli, pada formula tersebut juga terkandung kontribusi ketenagakerjaan terhadap pertumbuhan ekonomi

Dalam Permenaker itu juga diatur tentang batas waktu penetapan UMP tahun 2023. Adapun UMP ditetapkan selambat-lambatnya tanggal 28 November 2022. Sedangkan, UMK ditetapkan selambat-lambatnya 7 Desember 2022.

“Hingga saat ini sudah ada 33 Gubernur yang menetapkan UMP tahun 2023 sesuai dengan Permenaker Nomor 18 tahun 2022,” katanya dikutip dari keterangan resminya, Selasa (29/11).

33 Provinsi tersebut yakni Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Bengkulu, Lampung, Bangka Belitung, Kep. Riau, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, DIY, Jawa Tengah, Banten, Bali, NTB, NTT, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Gorontalo, Maluku, Maluku Utara, dan Papua.

“Saat ini kami masih menunggu Gubernur lain dalam menetapkan UMP tahun 2023. Kami optimis para Gubernur lainnya akan segera menetapkan UMP tahun 2023 sesuai ketentuan yang berlaku,” pungkasnya.

Berikut daftar UMP tahun 2023 di 33 Provinsi di Indonesia

  1. Aceh, Rp3.413.666 naik sebesar 7,81 persen
  2. Sumatera Utara, Rp2.710.493,93 naik 7,45 persen
  3. Sumatera Barat, Rp2.742.476,00 naik 9,15 persen
  4. Riau, Rp3.191.662,53 naik 8,61 persen
  5. Jambi, Rp2.943.033,08 naik 9,04 persen
  6. Sumatera Selatan, Rp3.404.177,24 naik 8,26 persen
  7. Bengkulu, Rp2.418.280,00 naik 8,05 persen
  8. Lampung, Rp2.633.284,59 naik 7,90 persen
  9. Bangka Belitung, Rp3.498.479,00 naik 7,15 persen
  10. Kepulauan Riau, Rp3.279.194,00 naik 7,51 persen
  11. DKI Jakarta, Rp4.901.798,00 naik 5,60 persen
  12. Jawa Barat, Rp1.986.670,17 naik 7,88 persen
  13. Jawa Tengah, Rp1.958.169,69 naik 8,01 persen
  14. Daerah Istimewa Yogyakarta, Rp1.981.782,39 naik 7,65 persen
  15. Jawa Timur, Rp2.040.244,30 naik 7,86 persen
  16. Banten, Rp2.661.280,11 naik 6,40 persen
  17. Bali, Rp2.713.672,28 naik 7,81 persen
  18. Nusa Tenggara Barat, Rp2.371.407,00 naik 7,44 persen
  19. Nusa Tenggara Timur Rp2.123.994,00 naik 7,54 persen
  20. Kalimantan Barat, Rp2.608.601,75 naik 7,16 persen
  21. Kalimantan Tengah, Rp3.181.013,00 naik 8,85 persen
  22. Kalimantan Selatan, Rp3.149.977,65 naik 8,38 persen
  23. Kalimantan Timur, Rp3.201.396,04 naik 6,20 persen
  24. Kalimantan Utara, Rp3.251.702,67 naik 7,79 persen
  25. Sulawesi Utara, Rp3.485.000,00 naik 5,26 persen
  26. Sulawesi Tengah, Rp2.599.456,00 naik 8,73 persen
  27. Sulawesi Selatan, Rp3.385.145,00 naik 6,93 persen
  28. Sulawesi Tenggara, Rp2.758.984,54 naik 7,10 persen
  29. Gorontalo, Rp2.989.350,00 naik 6,74 persen
  30. Sulawesi Barat, Rp2.871.794,82 naik 7,20 persen
  31. Maluku, Rp2.812.827,66 naik 7,39 persen
  32. Maluku Utara, Rp2.976.720,00 naik 4,00 persen
  33. Papua, Rp3.864.696,00 naik 8,50 persen
Share. Facebook Twitter Pinterest LinkedIn Tumblr Email
Previous ArticleCabuli Siswi SMP di Pos Satpam, Pemuda di OKU Timur Diringkus
Next Article Simpan Narkoba di Bawah Kasur, Pengedar Sabu di Lubuklinggau Diringkus
alwi

Related Posts

Regional

Karhutla Sudah Bikin Malu Bangsa, Asap Indonesia Ganggu Negara Tetangga 

10/10/20266 Views
Regional

UIN Raden Fatah Palembang Resmi Buka Prodi Kedokteran, Jadwal Penerimaan Mahasiswa Belum Diumumkan

10/10/20265 Views
Regional

Diduga Jadi Sarang Narkoba, Dua Perkampungan di Palembang Digerebek Polisi

10/10/20262 Views
Add A Comment

Leave A Reply Cancel Reply

Demo
Top Posts

Olahraga Berbahaya! Ini Manfaat Parkour untuk Kesehatan Tubuh

09/10/202328,893 Views

Hukum dan Keutamaan Puasa Syawal

11/04/202428,766 Views

Daerah Kelimpungan Hadapi Pemangkasan TKD, Menkeu Purbaya Tegaskan Disiplin Fiskal Tak Bisa Dilanggar

08/10/202522,738 Views

Keajaiban Tersembunyi di Talang Sarang Bulan: Curup Ayek Bayau

21/07/20244,403 Views

Tabrak Ambulans Bawa Pasien, Kuasa Hukum RSUD Bayung Lencir Soroti Pemilik Truk Tangki

02/06/20251,359 Views
Stay In Touch
  • Facebook
  • YouTube
  • TikTok
  • WhatsApp
  • Twitter
  • Instagram

Subscribe to Updates

Get the latest tech news from FooBar about tech, design and biz.

Demo
Facebook X (Twitter) Instagram YouTube TikTok
  • Tentang Kami
  • Info Kontak
  • Info Kerjasama
  • Karir
  • Redaksi
  • Pedoman Media Siber
  • Privacy & Policy
© 2026

Type above and press Enter to search. Press Esc to cancel.

Sign In or Register

Welcome Back!

Login to your account below.

Lost password?